Resep menu Garam Asem Ayam Nan Lezat

Resep Ayam Penyet Simpel Dan Gurih Pedas Menyerap


iciplidah - Metode menggoreng ayam yang gurih dan empuk lalu diberi dilumuri sambel pedas , membikin resep ayam penyet bisa menjadi menu rumahan simpel yang sedap dan unggulan. Ayam goreng yang sebelumnya diungkep bersama bumbu rempah yakni sajian masakan khas Indonesia yang populer sesudah dipenyetkan pada sambel pedas dengan beraneka macam aneka kreasinya.
Resep Ayam Penyet
Ayam penyet yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti digilaskan ini kini tak cuma gampang dijumpai di kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta maupun Bandung, melainkan ketenarannya telah tersebar melintasi pulau malahan lintas negara.

Kecuali dibagikan kiat dan metode gampang membikin ayam goreng yang empuk, sedap dan gurih, salah satu sambel pedas  simpel dengan cita rasa pedas menyerap, kita juga dapat mencoba resep pedas pedas penyet di bawah ini.

Bahan dan Bumbu Ayam Penyet :

    1 kg daging ayam, potong-potong dan cuci bersih lalu lumuri air jeruk nipis sekitar 15 menit
    2 lembar daun salam
    2 batang serai digeprek
    1 sdt garam
    ½ sdt penyedap atau cocoklayakpantas selera
    500 ml air
    Secukupnya minyak untuk menggoreng

Bumbu halus :

    5 butir kemiri
    4 siung bawang putih
    6 butir bawang merah
    4 cm kunyit
    3 cm jahe

Bahan sambelsaus pedassaos pedassaus cabesaos pedas penyet :

    10 buah cabe rawit merah (cengek domba)
    5 buah cabe keriting merah
    5 butir bawang merah
    1 siung bawang putih
    1 buah tomat
    1 sdt gula merah
    ¼ sdt garam
    ¼ sdt penyedap

Metode Membikin Ayam Penyet dan Sambel Pedas :
Siapkan panci berisi air, masukkan juga bumbu halus, daun salam, serai, garam dan penyedap. Aduk rata kemudian masukkan potongan daging ayam. Nyalakan api dan tutup pancinya, ungkep sampai air rebusan surut, matikan api.
sesudah ayam telah cukup dingin, goreng potongan daging ayam hal yang demikian dalam minyak panas sampai warnanya keemasan, angkat dan tiriskan.
cuci cabe rawit dan cabe keriting, lalu tikam-tikam dengan pisau supaya tak beresiko meletup dikala digoreng. Goreng cabe, bawang dan tomat sampai matang atau layu.
Ulek bahan-bahan yang telah digoreng tadi, jangan lupa tambahkan garam, gula merah dan penyedap, serta aduk sampai rata.
Penyetkan atau lumatkan ayam goreng pantas kemauan memakai batu ulekan di atas sambel pedas agar tercampur rata dan menyerap. Ayam penyet telah siap kita santap bersama nasi putih hangat dan aneka jenis  lalapannya. Jika Sekiranya berkeinginan melengkapi bumbu ungkep supaya daging ayam kian gurih sesudah digoreng,
Semoga Bermanfaat... 

Komentar